PERILAKU SESEORANG MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PRODUK SEPATU CROCS

20 10 2011

Oleh : M.febrian
Kelas : 3EA04
Npm : 11209959

MAKALAH
PERILAKU KONSUMEN

PERILAKU SESEORANG MENGAMBIL
KEPUTUSAN UNTUK MEMBELI PRODUK SEPATU CROCS

Pendahuluan.
Crocs adalah merk sepatu asal Colorado dari Negeri Paman Sam ini berdiri sejak tahun 2002 pada awal mulanya didesain untuk kegiatan outdoor dan berlayar. Ini Karena crocs terbuat dari karet yang anti-slip dan pastinya tahan air, sehingga mudah dikeringkan karena berbahan dasar Croslite yang anti- bacteria model sepatu ini begitu diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan, mulai dari orang tua, remaja, hingga balita. Baik laki-laki maupun perempuan. Bentuknya yang unik dan pilihan warnanya yang menarik sepatu crocs sangat ringan, empuk, dan nyaman maka sering digunakan sehari-hari. Karena bahan dasarnya yang terbuat dari PCCR (Proprietary Closed-Cell Resin), crocs memilki keunggulan dalam hal: 1). waterproof (Karenanya juga bebas bakteri dan jamur. Dan jangan lupakan bakteri bertanggung jawab atas bau-bau yang tidak enak); 2). Empuk dan nyaman dipakai karena terbuat dari bahan syntetic berbusa; 3). Ringan karena umumnya beratnya hanya 170 gram. Oleh karena demikian fenomenalnya jenis sepatu ini, maka sebagaimana produk-produk laris yang lain, pemalsuan akan menyertai di belakangnya. Banyak produk-produk tiruan dengan merk crocs yang saat ini banyak dijual secara offline (on the counter), maupun secara online (blog atau facebook).

Latar Belakang
Sekilas, secara fisik produk-produk palsu atau tiruan tersebut sangat mirip dengan produk crocs yang asli. Untuk itu, agar Anda tidak salah memilih dan membeli produk crocs asli atau original dengan yang tiruan atau KW, maka berikut ini tipsanda.com akan menjelaskan Tips bagaimana memilih sepatu crocs yang asli/original, sebagai berikut:
1. Bentuk Fisik bagus/rapi/tegas. Kemudian apabila ditekan, bahan terasa kaku, tidak lembek tapi empuk.
2. Warna cerah. Pada crocs palsu/tiruan/KS warnanya cenderung lebih buram/kusam daripada warna crocs yang original.
3. Di bagian bawah tapak tengah terdapat tulisan ‘CROCS’ (dengan huruf capital) diikuti ‘tm’ dengan huruf kecil, ‘size’, ‘www.crocs.com’, ‘boulder, colorado’ (boulder (tanda koma) colorado, bukan tanda titik) serta ‘made in’ (tergantung di negara mana barang tersebut diproduksi. Ingat, tidak ada lambang buaya sama sekali!
4. Pada bagian label kertas (hantag), tertulis jenis sepatu (misal: malindi, tideline canvas, dsb), warna (missal: gold, khaki, silver, dsb), size (misal: W7, M7, J1-W3 atau C12/13, bukan ukuran standar Indonesia seperti 36,37,38). Dan perlu diingat bahwa label kertas (hantag) ini terdiri atas 4 lembar.
5. Pada bagian tapak bawah ujung depan, sedikit tersembunyi, terdapat huruf A-Z (Cuma satu huruf, misalnya M, N, atau B, dan seterusnya), yang merupakan kode batch produksi.
6. Physical look (Finishing)Perhatikan betul-betul finishing. physical look mungkin sama tapi finishing yg membedakan crocs original dan crocs palsu(kw). crocs palsu punya finishing amat jelek , tidak rapih.
7. Logo button CrocsLogo button Crocs original seharusnya nampak jelas dan terang, Bukannya pudar.
8. Tulisan ditelapak Crocs Original tulisan seharusnya: “boulder,colorado” (koma)
Crocs palsu: “boulder.colorado” (titik).
9. empuk (softness) keempukan crocs original dikarenakan crocs original memakai material crocsslite. Kalau crocs palsu, bukan pakai crocsslite, dia bisa pakai karet biasa or plastik. karena itu pasti beda dengan keempukan crosslite. oleh karena itu coba beli satu crocs original dari toko resmi, biar bisa merasakan material croclite kaya gmn.
10. Terapung bila diletakan di dalam air Letakan crocs dalam air, lihatlah setelah beberapa saat apakah sepatunya tengelam atau terapung. Kalau tenggelam, itu pasti crocs palsu. Material crosslite takkan tenggelam dlm air.
ini adalah salah satu cara yang paling umum dan mudah untuk mengetahui crocs itu asli ata tidak. membedakan dari tagnya. tag adalah label suatu barang. lihat gambar dibawah ini:
• Tag

crocs yang asli terdapat tulisan jenis crocsnya (misal : prepair Flip), warna (misal : navy/silver), dan ukuran (misal (m7/w9). sedangkan untuk, crocs yang palsu hanya terdapat lambang crocs saja.

Rumusan Masalah

Namun kini sepatu sejenis Crocs sedang dalam penelitian ulang, akibat sejak 2006 banyak laporan kecelakaan terjepit di escalator. Korbannya sebagian besar anak-anak. Memang karena sifatnya yang anti-slip Sandal sepatu ini terasa seret, dan ketika penggunanya berada escalator mereka sering tidak sadar menempelkan kakinya pada pinggir escalator, akibatnya sepatu itu tersangkut, sedangkan escalator jalan terus. Di Negeri asalnya pun ada peringatan, “If you’re wearing Crocs, Be Careful”

Kejadian ini paling sering terjadi di Pondok Indah Mall, banyak anak kecil yang tersangkut escalator dan setelah diperhatikan semua korbannya menggunakan Sandal sepatu karet ini. Pengelola kini memasang peringatan untuk tidak menggunakan sepatu karet di setiap escalator yang gambarnya mirip Crocs, petugas pun disebar di dekat escalator agar tidak terjadi kecelakaan serupa. Sedangkan di Bandung baru BIP saja yang memasang peringatan ini.

Rumah sakit di beberapa ias a telah mulai melarang penggunaan Crocs. Salah satu keprihatinan adalah risiko infeksi ketika darah dari seorang pasien yang sedang sakit jatuh pada kaki seseorang melalui Crocs yang berlubang di atasnya. Selain itu ada pula pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah Crocs ias menarik listrik statis yang dapat mengganggu peralatan medis.

DAFTAR PUSTAKA

http//gugling.com
tipsanda.com
sandalcrocs.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: